Waspada Penipuan, Mencatut Nama Bupati Enrekang

STARNEWSID.COM, ENREKANG — Penipuan dengan modus berpura-pura sebagai pejabat negara akhir-akhir ini makin sering terjadi. Yang terbaru, nama Bupati Enrekang Muslimin Bando dicatut.

Modusnya, penipu menggunakan nomer WhatsApp 081358908928, dan memasang foto profil Bupati MB. Ia mengaku sebagai bupati menyebar pesan ke sejumlah orang via WhatsApp. Isinya meminta donasi untuk yayasan dan PAUD.

Bacaan Lainnya

Bupati Enrekang Muslimin Bando memastikan itu bukan dirinya. Dan siapapun yang mengatasnamakan dirinya meminta donasi apapun atas dasar apapun, merupakan tindakan penipuan.

“Harap berhati-hati karena itu pasti bukan dari saya. Beberapa kolega dan pejabat sudah menyampaikan bahwa mereka dikirimi pesan meminta donasi dari pengguna WhatsApp yang mengaku bupati,” jelas MB.

Bupati mengimbau agar nomor WhatsApp penipu dilaporkan. Laporan bisa dilakukan dengan mudah dengan dua cara, yakni melalui aplikasi langsung dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Jika ingin lapor via WhatsApp, langkahnya sebagai berikut:

– Buka Chat

– Ketuk nama kontak untuk melihat profil mereka

– Gulir layar ke bawah lalu pilih Laporkan Kontak (report)

– Ketuk Laporkan untuk konfirmasi

Cara selanjutnya, melaporkan ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) agar penipu bisa ditelusuri dan ditindak.

Laporan dapat dilakukan melalui media sosial. Anda bisa mengunjungi akun Twitter BRTI di @aduanBRTI. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengaduan melalui laman layanan.kominfo.go.id yang telah disediakan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *