BAZNAS Bantaeng Salurkan Dana Zakat Hampir Rp1 M

STARNEWSID.COM, BANTAENG — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bantaeng, Sulsel, menyalurkan dana zakat hampir Rp1 miliar kepada para mustahik di wilayahnya, Selasa (6/12/2022).

BAZNAS Bantaeng menyalurkan dana zakat kepada tenaga kebersihan lingkungan (Rp132 juta), petugas pemadam kebakaran (Rp39 juta), dan pengusaha kecil (Rp305 juta).

Bacaan Lainnya

Selain itu, BAZNAS Bantaeng menggunakan Rp86 juta dana zakat untuk memberikan santunan pendidikan, serta mendistribusikan Rp425 juta dana zakat untuk membantu 1.295 fakir miskin.

Ketua BAZNAS Bantaeng, Karim Bagada mengatakan, penerimaan dana zakat dari aparatur sipil negara yang beragama Islam telah meningkat dari Rp200 juta per bulan menjadi Rp400 juta per bulan.

“Ini berkat instruksi Bupati Bantaeng nomor 400/257/IV/2022 tentang optimalisasi pengumpulan zakat, infak, dan sedekah, sehingga terjadi peningkatan penerimaan zakat yang cukup signifikan,” kata dia.

Karim mengatakan, secara keseluruhan BAZNAS Bantaeng telah menyalurkan dana Rp6 miliar dari zakat, infak, dan sedekah.

Selain menyalurkan dana untuk memberikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan, ia mengatakan, BAZNAS Bantaeng menggunakan dana zakat, infak, dan sedekah untuk membantu perbaikan rumah warga serta memberikan beasiswa pendidikan, bantuan bagi korban bencana alam, bantuan kesehatan, dan bantuan bagi penyandang disabilitas.

Karim mengatakan bahwa pengelolaan dan penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku dengan pengawasan dari auditor internal.

“Kami juga baru-baru ini telah melalui proses audit syariat yang dilakukan pihak Provinsi Sulsel,” katanya.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengapresiasi upaya BAZNAS Kabupaten Bantaeng membantu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan warga melalui program-program bantuannya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *