90 Ribu Bibit Ikan Bulan dan Emas Disebar di Danau Sidenreng Mojong

STARNEWSID COM, SIDRAP — Sedikitnya 90 ribu bibit Ikan Bulan dan Emas kembali ditebar di Danau Sidenreng, Desa Mojong.

Penebaran benih ikan tersebut di laksanakan Asisten III Setda Sidrap, Nasruddin Waris didampingi Kadis Peternakan dan Perikanan Sidrap, Samuel Kaba, Kapolsek MaritengngaE, AKP A. Khaeruddin, Babinsa Mojong Edy, Ketua FPII Setwil Sulsel, Risal Bakri.

Bacaan Lainnya

Turut hadir Sekretaris Disnakin Lenggeng Kote, Kabid Perikanan Muhammad Irzul dan Penyuluh perikanan, juga hadir tokoh masyarakat H. Landadi, Kades Mojong dan Plt Kades TakumaE.

Nasruddin Waris mengatakan, permohonan maaf kepada seluruh warga Desa Mojong dan terkhusus kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Sidrap, sejatinya hal ini, Bupati Sidrap H Dollah Mando hadir bersama masyarakat untuk melakukan penebaran bibit Ikan Emas dan Nila di danau Sidenreng. Tapi, karena ada kegiatan mendesak dan waktunya bersamaan sehingga Bupati menitipkan kepada Asisten III Setda Sidrap untuk mewakilinya.

Nasruddin mengatakan, Bupati Dollah Mando berpesan kepada masyarakat untuk memelihara ekosistem perikanan, dan utamanya ia meminta kepada warga untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan racun Ikan, peledak atau lainnya,

“Penebaran ikan ini, tidak lain untuk kesejahteraan warga. Jika melihat Ikan sudah berkurang, maka pemerintah hadir untuk menebar Ikan,” tutur Nasruddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Sidrap, Samuel Kaba mengatakan, Apa yang di sampaikan Bupati Sidrap melalui Asisten III Setda Sidrap itu benar.

“Kita harus pelihara ekosistem perikanan, dan disamping itu, jika Danau Sidenreng sudah terasa kekurangan ikan, maka melalui Disnakin Sidrap kita harus hadir untuk melakukan penebaran ikan, baik itu ikan emas maupun ikan nila,” ujarnya.

Samuel Kaba mengatakan, sudah saatnya kita melakukan penebaran ikan karena musim hujan dan air danau sudah naik, dan kegiatan ini sudah lama dilakukan pemerintah daerah.

“Di musim kemarau, tentunya banyak Ikan yang mati, diakibatkan karena cuaca yang panas, dengan kesempatan ini, Bupati memerintahkan Disnakin Sidrap untuk menyiapkan bibit Ikan yang bagus, untuk ditebar, terang Samuel Kaba.

Terpisah Kabid Perikanan Disnakin Sidrap, Muhammad Irzul mengatakan, sejak kemarin Disnakin Sidrap telah menyiapkan sedikitnya, 300 ribu bibit Ikan untuk ditebar di tiga kecamatan yakni, Kel.Wette’E, Kec. Panca Lautang, Desa TeteajiE, dan sekarang ini di Desa Mojong Kec. Watang Sidenreng sebanyak 90 ribu bibit Ikan Nila dan Emas.

Lanjut Irzul mengatakan, Alhamdulillah dalam pelaksanaan penebaran ikan di Danau Sidenreng berlangsung aman dan terkendali, ini sukses pelaksanaannya,

Dijelaskan Irzul bahwa pihaknya tidak pernah berhenti untuk melalukan pembibitan guna untuk stock restocking, jaga ekosistem dan stok Ikan.

Dikatakan Irzul, kita harap dengan penebaran bibit ikan ini, untuk dijaga ekosistemnya serta kelestariannya, karena penebaran ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

Ditambahkan Irzul bahwa disamping mengingatkan kepada warga untuk tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan racun atau yang lainnya, yang dapat merusak ekosistem.

Sebelum pelepasan bibit Ikan di Danau Sidenreng, Kepala Disnakin Sidrap Samuel Kaba, menyerahkan secara simbolis kepada Asisten III Setda Sidrap Nasruddin Waris mewakili Bupati Sidrap kemudian diserahkan kepada Camat Wt Sidenreng, Kapolsek MaritengngaE AKP Khaeruddin, Kades Mojong, dan H Landadi, serta tokoh masyarakat. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *