PSBM Bertabur Tokoh dan Orang Sukses di Rana Rantau

STARNEWSID.COM, MAKASSAR— Pertemuan Saudagar Bugis Makassar atau dikenal PSBM ke XIII 2023 di hotel Four Points by Sheraton Makassar berlangsung elit dan diwarnai suka cita bertabur tokoh tokoh utama Sulsel diberbagai bidang termasuk politisi, akademisi dan saudagar hebat dari berbagai daerah hingga saudagar tanah rantau yang sukses di berbagai negara Eropa maupun Asia.

Bacaan Lainnya

Gelaran PSBM ke XIII 2023 di hotel Four Points by Sheraton Makassar juga boleh di sebut show performa status sosial para putra putri bugis Makassar yang Berjaya di tanah rantau. Dalam dialog dan paparan tokoh tokoh Susel seperti Aksa Mahmud dan ketua KKSS nasional, Muchlis Patahna mengenalkan para pengusaha politisi profesional seniman dan budayawan hingga putra putri Bugis Makassar yang mampu menjadi orang peting di luar negeri.

“Ini kebanggaan yang tidak dapat di ukur dengan nilai apapun bagi para warga Sulsel terhadap para saudagar yang sudah mencatat sejarah positif di berbagai wilayah hingga luar negeri,” tutur Aksa Mahmud dalam sambutannya.

Helatan PSBM XIII 2023 mengusung tema Mendorong Spirit Bugis Makassar. Tema ini dicetus atas intruksi para sesepuh tokoh masyarakat Sulsel se kelas Jusuf Kalla, Alwi Hamu dan Aksa Mahmud. Ke tiga tokoh menilai semangat kebangkitan warga Sulsel melalui jargon saudagar Bugis Makassar tidak boleh kendor sehingga harus selalu didorong agar senantiasa memproduksi kreatifitas dan pengembangan usaha dan profesi di luar pulau Sulawesi.

Mantan menteri pertanian Era presiden Djokowi, Amran Sulaiman dalam opening dinner party di rumah jabatan Gubernur memaparkan Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dapat menjadi episentrum Indonesia. Sulawesi Selatan menurut Amran memiliki kekayaan yang mampu membayar utang Negara ribuan triliun jika kekayaan alam di kelolah dan dimanfaatkan dengan baik terutama nikel yang luasnya mencapai jutaan hektar.

“Sebagai putra daerah saya akan mendorong penentu kebijakan daerah dan nasional agar membuat formulasi pembangunan yang bisa melindungi keselamatan kekayaan alam daerah yang tidak di miliki daerah lain,” tegas Amran Sulaeman di hadapan para tokoh dan tamu undangan PSBM.

Berdadarkan laporan panitai PSBM XIII 2023 H Mahsur Bin Muhammad Alias SH, MSi peserta dan tamu undangan PSBM tahun ini mencapai 1700 orang, termasuk tamu undangan PSBM dari luar negeri. Tercatat utusan perdana Malaysia Anwar Ibrahim yang juga putra Bugis Makassar juga turut hadir. Tamu undangan negara lain berasal dari Belgia, Kanada, Australia, Amerika dan sejumlah negara lain.

PSBM kai ini mendapat banyak pujian peserta, pasalnya selain dilaksanakan di ruang mewah dan eslusive di hotel Four Points by Sheraton Makassar juga disajikan hampir seluruh menu menu khas Sulsel seperti coto, konro, pallu basa dan aneka kuliner kue kue tradisional semisal pisang ijo aneka pudding dan lain sebagainya. Dari sisi seni budaya ditampilkan tarian empat etnis yang dimainkan oleh jurusan karawitan Unhas. Yang tak kalah menarik, panitia penampilkan produk UKM dan aneka ole ole khas Sulsel bagi para tamu undangan dari berbagai daerah. Ole ole itu berupa home industri busana hingga makanan kemasan bernuansa Bugis Makassar.

Andi Hamzah yang biasa di sapa Andi Erlan, wakil ketua DPRD Kaltara Fraksi Gerindra mengaku salut dan menikmati suka cita dan kerinduan silaturahmi pasca lebaran ini melalaui PSBM. Andi Erlan mengaku mendapat banyak manfaat dari pertemuan silaturahmi rutina setiap tahun ini. “Peluang network bisnis termasuk konekting hubungan politik juga kita diskusikan dengan teman teman yang berpengalaman dari berbagai daerah,”papar Andi Hamza Erlan.

H Nasir dan rombongan dari Kaltim juga mengaku demikian. Menurutnya PSBM ini patut dipertahankan sebab benar benar memberikan nilai manfaat yang positif bagi perkembangan usaha dan bisnis. Dalam pertemuan itu memang mengandung nilai nilai spirit dan motivasi seolah nutrisi baru untuk berpikir kemajuan para saudagar di luar Sulsel.

Selain sajian silaturahmi di PSBM ini, nuansa simbiosis mutualisme juga terpotret dalam PSBM yang berlangsung selama 3 hari tersebut. Pemerintah Sulsel dan pemerintah Kota Makassar menjadikan momen tersebut untuk mempromosikan industri wisata dan peluang bisnsi dan perdagangan antar daerah. Melalui slide hasil pembangunan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaeman menggambarkan hasil pembanguan infrastruktur sumber daya manusia dan perlindungan alam. “Pemerintah Sulsel kini memperkuat basis pengembangan bibit rekayasa padi penangkaran, fasiltas pendidikan kita bangun modern untuk lahirkan SDM tangguh dan infrastruktur yang kita lanjutkan dari pendahulu kita. Kita bangun jalan jalan baru serta failitas penunjang masyarakat lainnya di hampir seluruh kabupaten kota se Sulsel,”paparnya di hadapan tamu undangan saudagar saat pembukaan di ballroom hotel Four Points by Sheraton Makassar.

PSBM ke XIII 2023 berlangsung 3 hari dari tanggal 28 hingga 30 April 2023. Cara ini berisi rangkaian acara panjang baik seremoni maupun berbentuk pertemuan umum dan persidangan serta dialog sejumlah hasil hasil kemajuan daerah maupun personal di tempat para saudagar Bugis Makassar berpijak di berbagai daerah.(skr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *