Presiden FIFA : Hari yang Gelap untuk Dunia Sepakbola

Presiden FIFA, Gianni Infantino, bereaksi atas insiden berdarah di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022-2023. Turut menyampaikan belasungkawa, Gianni Infantino menyebut kejadian itu sebagai hari yang gelap untuk dunia sepakbola.

Data Terakhir, Sudah 174 Orang Meninggal

STARNEWSID.COM, ZURICH – Presiden FIFA, Gianni Infantino, bereaksi atas insiden berdarah di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022-2023. Turut menyampaikan belasungkawa, Gianni Infantino menyebut kejadian itu sebagai hari yang gelap untuk dunia sepakbola.

Sebagaimana diketahui, insiden kerusuhan hebat terjadi setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu 1 Oktobet 2022 malam WIB.

Dalam laga itu, Singo Edan -julukan Arema FC- harus mengakui keunggulan tim tamunya dengan skor 2-3.

Para suporter Arema yang tidak terima dengan hasil pertandingan itu kemudian menyerbu lapangan Stadion Kanjuruhan. Mereka juga sempat terlibat gesekan dengan petugas keamanan.

Kemudian, gas air mata ditembakkan pihak keamanan ke arah tribun sehingga membuat banyak penonton panik dan berdesakan. Dari situ, banyak korban berjatuhan akibat berdesakan karena menghindari gas air mata.

Kejadian itu pun menelan banyak sekali korban jiwa. Dikabarkan, kini sudah ada 130 orang yang tewas akibat tragedi berdarah itu.

“Insiden berdarah ini pun menjadi sorotan internasional, tak terkecuali dari Presiden FIFA. Ia mengatakan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan membuat kaget banyak orang karena banyaknya korban yang berjatuhan.

Dunia sepakbola terkejut dengan insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan,” kata Infantino, dilansir dari laman resmi FIFA, Minggu (2/10/2022).

Infantino pun memandang kejadian itu sebagai hari kelam di dunia sepakbola. Ia pun menyampaikan duka mendalam terhadap korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Tragedi menyedihkan ini menjadi hari-hari gelap bagi semua yang terlibat dalam sepakbola. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam untuk keluarga serta teman-teman para korban yang meninggal dunia,” jelas Presiden FIFA.

Sementara itu, operator Liga 1 2022-2023, PT LIB telah resmi menyatakan penundaan kompetisi sementara akibat imbas dari tragedi memilukan tersebut. Dalam keterangannya, lanjutan pekan ke-11 kompetisi Liga 1, akan ditunda selama satu pekan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Korban Meninggal 174 Orang

Jumlah korban meninggal dunia akibat kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, per pukul 17.00 WIB adalah 131 orang menurut koreksi dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak sore ini, Minggu, (2/10/2022).

Sebelumnya siang tadi, Emil Dardak mengatakan korban tewas sementara berjumlah 174 orang per pukul 10.30 WIB, Minggu, (2/10/2022).

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, jumlah tersebut diketahui dari data yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

“Saya menghindari kesalahan data, tapi merujuk data resmi yang kami terima dari BPBD Provinsi Jawa Timur, di mana per 10.30 WIB itu angkanya menjadi 174 meninggal dunia,” ucap Emil dalam program Breaking News Kompas TV.

Selain penambahan jumlah korban meninggal dunia, Emil juga menyebut jumlah korban luka berat sebanyak 11 orang.

“Ada delapan rumah sakit yang menjadi rujukan,” ujar Emil. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *